Profil Potensi Desa


Desa Mangunrejo terletak di Kecamatan Kalikajar, Wonosobo, Jawa Tengah. Desa ini berbatasan dengan Desa Simbarejo, Ciledok, Mungkung, dan Desa Balekambang. Luas wilayah Desa Mangunrejo kurang lebih 198,84 Ha yang meliputi tanah sawah (65 Ha), tanah kering (157,81 Ha), tanah perkebunan (46,15 Ha), tanah hutan (48 Ha), dan fasilitas umum (39,79 Ha). Desa Mangunrejo terdiri dari lima dusun, meliputi Dusun Mangunan, Dusun Karangmalang, Dusun Kuwukan, Dusun Dompon, dan Dusun Gerdu.

Jumlah penduduk Desa Mangunrejo sebanyak 3.358 orang, yang terdiri dari 1.693 laki-laki dan 1.665 perempuan. Jumlah Kepala Keluarga yang tinggal di Desa Mangunrejo sebanyak 1.055 kepala keluarga. Mayoritas tingkat pendidikan masyarakat Desa Mangunrejo adalah tamat SMP/sederajat. Sebagian besar mata pencaharian masyarakat Desa Mangunrejo adalah petani yang berjumlah 780 orang. Sebanyak 3.240 penduduk menganut agama Islam dan 118 penduduk lainnya menganut agama Kristen.

Lembaga Pemerintahan yang terdapat di Desa Mangunrejo terdiri dari Pemerintah Desa dan BPD (Badan Permusyawaratan Desa), sedangkan Lembaga Kemasyarakatan Desa terdiri dari PKK, Rukun Tetangga, Karang Taruna, Kelompok Tani, dan Organisasi Keagamaan. Lembaga Keamanan di Desa Mangunrejo terdiri dari 30 orang Hansip, 30 orang Satgas Linmas, dan 5 buah Pos Kamling. Lembaga Pendidikan di Desa Mangunrejo terdiri dari 1 Play Group, 2 Sekolah Dasar, dan 1 Raudhatul Athfal. Prasarana peribadatan yang terdapat di Desa Mangunrejo meliputi 5 buah masjid, 10 buah mushola, dan 1 buah gereja. Sarana prasarana kesehatan yang terdapat di Desa Mangunrejo terdiri dari 1 unit poliklinik pengobatan, 6 unit posyandu, 1 unit gudang menyimpan obat, 1 orang dukun bersalin terlatih, dan 3 orang bidan.

Dari segi pertanian, Desa Mangunrejo memiliki komoditas utama berupa jagung, jeruk, alpukat, manggis, salak, dan durian. Umumnya, hasil pertanian tersebut dijual ke pasar, KUD, tengkulak, lumbung desa, atau dikonsumsi sendiri. Dari segi peternakan, Desa Mangunrejo memiliki komoditas yang terdiri dari sapi, ayam kampung, ayam broiler, bebek, dan kambing. Hasil ternak tersebut dijual langsung ke konsumen, pasar, KUD, tengkulak, pengecer, lumbung desa, atau dikonsumsi sendiri.

Jumlah industri kecil dan menengah di Desa Mangunrejo sebanyak 30 unit yang meliputi industri makanan. Jumlah penyedia jasa pengangkutan di Desa Mangunrejo sebanyak 15 orang yang meliputi angkutan antar kota/provinsi. Di Desa Mangunrejo, terdapat 4 unit usaha perdagangan hasil bumi, 25 unit toko kelontong, 1 unit usaha peternakan, dan 2 unit pengolahan kayu.


Total Dibaca

Kami mengatakan tidak untuk

Contact Details

Telephone: -
Email:  kalikajarmangunrejo@gmail.com
Website: https://mangunrejo-kalikajar.wonosobokab.go.id

Jalan Kauman Nomor 1 Dusun Karangmalang RT.15 RW.06 Dusun Karangmalang